IIBN GELAR KOMPETISI CERDAS CERMAT UNTUK SISWA SMA/SMK/MAN DI BATAM, BERTEMA WAWASAN KEBANGSAAN

Kompetisi Cerdas Cermat bertema Wawasan Kebangsaan yang diselenggarakan Institut Teknologi dan Bisnis Indobaru Nasional (IIBN) diikuti oleh ratusan peserta dari SMA, SMK, dan MAN se-Kota Batam, pada Selasa (22/8/2023)

Terdapat 26 sekolah dari jenjang SMA/SMK/MAN yang ikut berpartisipasi dalam ajang yang digelar di kampus IIBN, Komplek Mitra Mas, Batam Kota, ini. Masing-masing sekolah mengirimkan empat peserta didik untuk mengikuti kompetisi tersebut.

Kemeriahan acara ini berlangsung dari pagi sampai sore hari. Menjelang siang hari, para peserta ini sudah dikumpulkan dalam beberapa kelas. Sedikitnya, IIBN menyediakan 17 ruangan kelas dengan fasilitas lengkap untuk menunjang babak penyisihan dalam kompetisi ini.

Babak penyisihan akan meloloskan sembilan tim yang unggul, untuk kemudian maju ke semifinal. Lantas dari semifinal, akan dipilih lagi tiga tim untuk bersaing di babak final dan memperebutkan gelar juara.

Materi berikutnya adalah “Desain Grafis Canva dan Membuat CV” yang disampaikan oleh Bapak Heryensus, S.Kom., M.Si., seorang dosen dan praktisi desain grafis berpengalaman. Peserta diajak untuk mengembangkan kreativitas dalam mendesain menggunakan platform Canva dan membuat Curriculum Vitae (CV) yang menarik dan profesional untuk meningkatkan daya saing mereka di dunia kerja.

Rektor IIBN, Dr. Jontro Simanjuntak, SPt., S.E., M.M, menjelaskan, acara ini digelar dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Acara ini sekaligus menjadi ajang pengenalan kampus IIBN kepada para siswa-siswi SMA/SMK/MAN di Kota Batam dan sekitarnya.

"Acara ini sekaligus pengenalan gedung dan fasilitas yang ada di IIBN, dalam rangka menyambut grand opening kampus kami,” ujar Jontro.

IIBN memilih tema Wawasan Kebangsaan, tak lain untuk mendukung cita-cita pemerintah mencetak generasi muda yang memiliki wawasan yang luas tentang negara dan bangsanya, tidak mudah terpengaruh akan budaya asing, serta tetap menempatkan nilai-nilai Pancasila sebagai identitas bangsa.

Visi ini juga diwujudkan dalam kerja sama dengan Ikatan Keluarga Alumni Lembaga Ketahanan Nasional (IKAL-Lemhannas) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Penandatanganan MOU itu dilaksanakan di hari yang sama dengan Kompetisi Cerdas Cermat IIBN, dengan turut diikuti Pejabat Pemerintah Provinsi Kepri, Syamsul Bahrum yang juga sebagai Ketua DPD IKAL-Lemhannas Kepri.

"Dengan ini kampus IIBN tidak hanya mencetak lulusan yang cerdas secara intelektual, melainkan juga berwawasan kebangsaan," ujar Syamsul.

Ia juga mengapresiasi kampus IIBN yang mempunyai serangkaian program studi di bidang teknologi dan bisnis. Menurutnya, kedua hal itu adalah ilmu yang sangat dibutuhkan dalam pembangunan daerah ke depannya.

Apresiasi yang sama turut diberikan oleh Kepala Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Kepri Cabang Batam, Kasdianto, yang juga hadir dalam pembukaan Kompetisi Cerdas Cermat IIBN. Menurutnya, acara ini bisa memberikan motivasi kepada para peserta didik di Batam untuk meningkatkan literasi kebangsaannya.

"Harapan kami, IIBN dapat mengagendakan kegiatan ini setiap tahun, untuk memotivasi anak-anak didik kita," tambah Kasdianto.

Di samping Kompetisi Cerdas Cermat, sebelumnya IIBN juga sudah menyelenggarakan beragam kegiatan bermanfaat lainnya, seperti pelatihan Skill to Work hingga Kompetisi E-Sport Mobile Legend untuk siswa SMA/SMK/MAN. Pelatihan Skill to Work yang mempersiapkan lulusan sekolah menengah untuk bekerja, bahkan sudah diadakan dalam 4 batch.