KAMPUS IIBN BATAM KEMBALI GELAR KEGIATAN “SKILL TO WORK” UNTUK MEMPERSIAPKAN ORANG MUDA MEMASUKI DUNIA KERJA

Batam, 26 Juli 2023 – Kampus IIBN Batam kembali sukses menyelenggarakan kegiatan pelatihan berjudul “Skill to Work” yang bertujuan untuk membekali anak-anak muda dengan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dalam memasuki dunia kerja. Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari berbagai latar belakang yang berlangsung selama 1 hari penuh, dari pagi hingga sore.

Kegiatan “Skill to Work” ini merupakan salah satu bentuk komitmen Kampus IIBN Batam dalam membantu masyarakat terutama fresh graduate dalam mempersiapkan diri menghadapi persaingan ketat di dunia kerja. Dalam kegiatan ini, peserta mendapatkan kesempatan untuk belajar langsung dari para akademisi, praktisi dan pakar di bidangnya.

Acara dimulai pada pukul 09.00 pagi dengan sesi pembukaan oleh Rektor Kampus IIBN Batam, Dr. Jontro Simanjuntak, S.Pt., S.E., M.M yang memberikan kata sambutan mengenai pentingnya mempersiapkan diri sejak dini untuk menghadapi dunia kerja yang semakin kompleks dan dinamis.

Sesi pertama, “Pengenalan Diri dan Adaptasi Kerja” dipandu oleh Bapak Suali, S.E.,M.M., seorang dosen yang berpengalaman di bidang pengembangan sumber daya manusia. Dalam sesi ini, peserta diberikan wawasan tentang pentingnya memahami diri sendiri, mengidentifikasi potensi dan minat, serta bagaimana beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru.

Materi berikutnya adalah “Desain Grafis Canva dan Membuat CV” yang disampaikan oleh Bapak Heryensus, S.Kom., M.Si., seorang dosen dan praktisi desain grafis berpengalaman. Peserta diajak untuk mengembangkan kreativitas dalam mendesain menggunakan platform Canva dan membuat Curriculum Vitae (CV) yang menarik dan profesional untuk meningkatkan daya saing mereka di dunia kerja.

Setelah istirahat makan siang, kegiatan dilanjutkan dengan materi “Teknik Interview dan Simulasi Wawancara Kerja” yang disampaikan oleh Ibu Renniwaty Siringoringo, S.E., M.Si., dosen Bisnis Digital yang juga berpengalaman di bidang human resources. Dalam sesi ini, peserta diajak untuk memahami berbagai teknik wawancara, mulai dari persiapan sebelum wawancara hingga tata cara menghadapi pertanyaan kritis dari pewawancara. Selain itu, mereka juga berkesempatan untuk melakukan simulasi wawancara secara langsung untuk meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan berkomunikasi mereka.

Ketua Panitia kegiatan Cosmas Eko Suharyanto, S.Kom, M.MSI., kepada media menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan persiapan memasuki dunia kerja “Skill to Work” akan menjadi agenda rutin kampus IIBN Batam.

“Saat ini kami memasuki Batch 3, dan besok tanggal 27 kita mulai Batch 4. Hal ini kami lakukan karena animo masyarakat untuk mengikuti kegiatan ini tinggi, tetapi di satu sisi kegiatan ini tidak bisa diadakan dengan peserta yang banyak sekaligus, makanya kita bagi dalam batch-batch…” tutup Cosmas.